Risa Ekaning Tyas – Juara II Lomba Essay Tingkat Nasional

Risa Ekaning Tyas – Juara II Lomba Essay Tingkat Nasional

Risa Ekaning Tyas, Mahasiswa STIKes Panti Rapih Yogyakarta dari Program Studi Diploma Tiga Keperawatan berhasil memperoleh juara dua lomba essay tingat nasional yang diselengarkan oleh HIMKA Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi di Indonesia dengan mengambil tema “Palliative care for patient chronic obstructive  pulmonary disease to improve the quality of life during the covid-19 pandemic”

Tujuan diakannya lomba ini adalah untuk :

1. Meningkatkan kreativitas mahasiswa/i Ilmu Keperawatan dalam mengembangkan gagasan baru dari sudut pandang yang berbeda.
2. Mencetak mahasiswa/i Ilmu Keperawatan yang intelek dan mampu memberikan ide dan opini yang di fikirkan kepada pembaca.
3. Mengembangkan daya nalar dan pikir kritis mahasiswa/i Ilmu Keperawatan melalui Lomba Essay .

Proses lomba dimulai dari pendaftaran dan pengumpulan karya  gelombang 1 tanggal 30 September –  31 Oktober 2020 dan gelombang 2 tanggal 1 November – 1 Desember 2020 lalu penilaian karya dan vote pada tanggal 2- 10 Desember 2020 dan pengumuman juara tanggal 13 Desember 2020.


Topik yang dipilih oleh Risa Ekaning Tyas  untuk essay dalam lomba ini adalah strategi penanganan perawatan pasien dengan Chronic Obstructive Pulmonary Disease  (COPD)  dimasa pandemi COVID-19 dan strategi pencegahan komplikasi COPD terhadap COVID-19. Risa Ekaning Tyas  tertarik dengan topik tersebut karena semakin banyak jumlah orang yang terinfeksi virus corona dan COPD merupakan komorbid COVID jadi Risa Ekaning Tyas  ingin menciptakan inovasi sebagai upaya pencegahan  maupun penanganan untuk COPD komorbid COVID melalui tanaman herbal.

Dengan latar belakang tersebut Risa Ekaning Tyas  membuat essay dengan judul Delok Jaman ( Detoks Kelor Jahe Merah Madu dan Lemon) sebagai penanganan peradangan dan hipersekret Bronkritis Kronis di masa pandemi.  Risa Ekaning Tyas  berharap essay tersebut dapat bermanfaat untuk menambah ilmu bagi para pembacanya dan produknya bisa direalisasikan suatu hari nanti.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>