Program Studi Keperawatan Program Sarjana & Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi

Trakreditasi Baik Sekali LAM-PTKes
SK No 0875/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2023
SK No 0876/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2023
Pendidikan Ners di STIKes Panti Rapih Yogyakarta meliputi 2 program studi yaitu Program Studi Keperawatan Program Sarjana (Tahap Akademik) dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi (Tahap Profesi). Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi merupakan satu kesatuan utuh dimana lulusan sarjana keperawatan STIKes Panti Rapih Yogyakarta akan secara otomatis menjadi mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi STIKes Panti Rapih Yogyakarta.

- Visi
Pada tahun 2041 menjadi menjadi program studi Profesi Ners dengan tata kelola yang berstandart internasional untuk menghasilkan Ners yang unggul khususnya keperawatan medikal bedah pada penyakit degenerative yang inovatif dan peka budaya, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral Kristiani dan berdaya saing internasional pada tahun 2041.
- Misi
- Menyelenggarakan Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi dengan tata kelola yang berkelanjutan menuju tata kelola berstandar
- Menghasilkan Ners profesional yang unggul terutama di bidang keperawatan medical bedah (pada penyakit degenerative) yang inovatif dan peka budaya, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral kristiani dan berdaya saing internasional melalui pendidikan yang
- Memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu keperawatan untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada
- Mengembangkan karater civitas dan budaya organisasi yang berlandaskan moral Kristiani mengedapankan nilai – nilai Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Innovation (ICARE).
Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi STIKes Panti Rapih Yogyakarta meluluskan Ners profesional dengan penekanan Keperawatan Medikal Bedah yang inovatif dan peka budaya yang senantiasa mengembangkan diri dan profesi, berperilaku didasarkan pada aspek legal- etik serta nilai nilai ICARE (Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Inovation) dalam menjalankan perannya sebagai:
- Care provider (Pemberi asuhan keperawatan secara profesional)
- Educator (Pendidik klien dan keluarga yang menjadi tanggung jawabnya)
- Comunity leader (Pelaku pengembangan diri pada komunitas profesi dan sosial)
- Researcher (peneliti mandiri)
- Manager dan leader (manajer dan leader asuhan keperawatan)
- Program Reguler
Masa studi mahasiswa reguler selama 8 (delapan) semester, apabila karena sesuatu hal, maka mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya pada batas waktu tersebut maka diperkenankan untuk menyelesaikan studinya dalam tenggang waktu sampai batas maksimal 14 (empat belas) semester. Bagi mahasiswa yang mampu secara kognitif untuk mempercepat masa studi dapat menyelesaikan pendidikan selama 7 semester.
- Program RPL
- RPL Transfer Kredit
Masa studi mahasiswa adalah minimal 3 (tiga) semester. Apabila karena sesuatu hal mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya pada batas waktu tersebut maka diperkenankan untuk menyelesaikan studinya dalam tenggang waktu sampai batas maksimal 6 (enam) semester.
Besaran beban studi per semester untuk program RPL Transfer Kredit secara umum sebagai berikut: Beban studi yang dapat diambil tiap semester maksimum 24 sks, jika IPS pada semester I tidak dapat mencapai 3.00 maka beban studi yang dapat diambil untuk semester berikutnya maksimal 20 sks
- RPL Perolehan Kredit
Masa studi mahasiswa minimal adalah 2 (dua) semester. Apabila karena sesuatu hal mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya pada batas waktu tersebut maka diperkenankan untuk menyelesaikan studinya dalam tenggang waktu sampai batas maksimal 6 (enam) semester. Besaran beban studi per semester untuk program RPL Perolehan SKS secara umum sebagai berikut: Beban studi yang dapat diambil tiap semester maksimum 24 sks, jika IPS pada semester I tidak dapat mencapai 3.00 maka beban studi yang dapat diambil untuk semester berikutnya maksimal 20 sks
- RPL Transfer Kredit
- Program Profesi
Masa studi mahasiswa minimal selama 2 (dua) semester. Apabila karena sesuatu hal, maka mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya pada batas waktu tersebut maka diperkenankan untuk menyelesaikan studinya dalam tenggang waktu sampai batas maksimal 6 (enam) semester.
Kurikulum Pendidikan Ners STIKes Panti Rapih Yogyakarta secara keseluruhan sudah mengacu/sesuai dengan visi, misi, tujuan dan ciri khas Program Studi serta kebijakan pemerintah terkait pendidikan tinggi yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) serta mengacu pada Keputusan Presiden N0 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum Pendidikan Ners 2021 oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.
Capaian pembelajaran lulusan pendidikan Ners STIKes Panti Rapih Yogyakarta yang terdiri atas tahap akademik dan tahap profesi. Mahasiswa dinyatakan lulus dari pendidikan Ners di STIKes Panti Rapih Yogyakarta jika telah menyelesaikan semua capaian pembelajaran melalui pendidikan tahap akademik dan tahap profesi secara komprehensif. Kurikulum pendidikan disusun atas kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan sesuai KKNI pada level 7. Capaian Pembelajaran secara komprehensif akan diukur setelah mahasiswa menempuh tahap Akademik dan Tahap Profesi sehingga STIKes Panti Rapih Yogyakarta akan meluluskan perawat professional yang siap terjun dalam dunia kerja yang sesungguhnya secara professional
Srtuktur Kurikulum Program Reguler
SEMESTER I
KODE MK | MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
P |
PL |
SK I.1 | Komunikasi Dasar Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK I.2 | Etika dan Etiket Umum | 2 | 2 | 0 | 0 |
SK I.3 | Ilmu Biomedik Dasar | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK I.4 | Ilmu Dasar Keperawatan | 3 | 2 | 1 | 0 |
SK I.5 | Farmakologi Keperawatan | 3 | 2 | 1 | 0 |
SK I.6 | Strategi Belajar | 3 | 2 | 1 | 0 |
SK I.7 | Falsafah dan Teori Keperawatan | 3 | 3 | 0 | 0 |
Jumlah | 20 | 15 | 5 | 0 |
SEMESTER II
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | PL |
SK II.1 | Digital literasi dan big data dalam kesehatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK II.2 | Sistem Informasi Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK II.3 | Keterampilan Dasar Keperawatan | 3 | 1 | 2 | 0 |
SK II.4 | Konsep Dasar Keperawatan | 3 | 3 | 0 | 0 |
SK II.5 | Proses Keperawatan dan Dokumentasi | 3 | 2 | 1 | 0 |
SK II.6 | Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK II.7 | Pendidikan dan Promosi Kesehatan | 3 | 2 | 1 | 0 |
Jumlah | 20 | 13 | 7 | 0 |
SEMESTER III
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOTSKS | T | P | PL |
SK III.1 | Psikososial dan Budaya Dalam Keperawatan | 2 | 2 | 0 | 0 |
SK III.2 | Spiritualitas Karya CB | 3 | 2 | 1 | 0 |
SK III.3 | Keperawatan Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori dan hematologi | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK III.4 | Keperawatan Maternitas | 4 | 2 | 2 | 0 |
SK III.5 | Pancasila | 2 | 2 | 0 | 0 |
SK III.6 | Agama | 2 | 2 | 0 | 0 |
SK III.7 | Komunikasi Theraupetik Keperawatan | 3 | 2 | 1 | 0 |
Jumlah | 20 | 15 | 5 | 0 |
SEMESTER IV
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | |
SK IV.1 | Keperawatan Kesehatan Reproduksi | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK IV.2 | Keperawatan Dewasa Sistem Endokrin, Pencernaan, Perkemihan dan Imunologi | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK IV.3 | Keperawatan Anak sehat dan sakit akut | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK IV.4 | Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Psikososial | 3 | 2 | 1 | 0 |
SK IV.5 | Peka Budaya inovatif dalam KMB | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK IV.6 | Kewarganegaraan | 2 | 2 | 0 | 0 |
SK IV.7 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 0 | 0 |
Jumlah | 21 | 16 | 5 | 0 |
SEMESTER V
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | PL |
SK VI.1 | Bahasa Inggris Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VI.2 | Biostatistik | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VI.3 | Metodologi Penelitian | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VI.4 | Keperawatan Keluarga | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VI.5 | Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VI.6 | Bahasa Inggris Untuk Dokumentasi dan Pelaporan Keperawatan | 2 | 2 | 0 | 0 |
SK VI.7 | Kewirausahaan | 2 | 1 | 1 | 0 |
Jumlah | 20 | 14 | 6 | 0 |
SEMESTER VI
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | PL |
SK VI.1 | Bahasa Inggris Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VI.2 | Biostatistik | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VI.3 | Metodologi Penelitian | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VI.4 | Keperawatan Keluarga | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VI.5 | Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VI.6 | Bahasa Inggris Untuk Dokumentasi dan Pelaporan Keperawatan | 2 | 2 | 0 | 0 |
SK VI.7 | Kewirausahaan | 2 | 1 | 1 | 0 |
Jumlah | 20 | 14 | 6 | 0 |
SEMESTER VII
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | PL |
SK VII.1 | Keperawatan Kritis | 3 | 2 | 1 | 0 |
SK VII.2 | Keperawatan Gawat Darurat | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VII.3 | Keperawatan Gerontik | 4 | 3 | 1 | 0 |
SK VII.4 | Keperawatan Bencana | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VII.5 | Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Publik | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VII.6 | Keperawatan Agregat Komunitas | 3 | 2 | 1 | 0 |
Jumlah | 18 | 12 | 6 | 0 |
SEMESTER VIII
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | PL |
SK VIII.1 | MK Pilihan: Terapi Reflexologi dan hipnotherapi dalam medikal bedah | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VIII.2 | MK Pilihan: Terapi herbal dan akupressure dalam medikal bedah | 2 | 1 | 1 | 0 |
SK VIII.3 | Skripsi | 4 | 0 | 0 | 4 |
Jumlah | 6 | 2 | 2 | 4 |
Srtuktur Kurikulum Program Profesi
SMT | KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | PL |
I | N I.1 | Keperawatan Dasar Profesi | 4 | 0 | 0 | 4 |
N I.2 | Keperawatan Medikal Bedah (Pernafasan, Cardiovasuler, Hematologi, perioperatif, onkologi) | 4 | 0 | 0 | 4 | |
N I.3 | Keperawatan Medikal Bedah (Endokrin, pencernaan, perkemihan, imuno) | 3 | 0 | 0 | 3 | |
N I.4 | Keperawatan Medikal Bedah (Persarafan, muskulo, integumen, persepsi sensori) | 3 | 0 | 0 | 3 | |
N I.5 | Keperawatan Keluarga dan Komunitas | 4 | 0 | 0 | 4 | |
Jumlah | 18 | 0 | 0 | 18 |
SMT | KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | P | PL |
II | N II.1 | Manajemen Keperawatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
N II.2 | Keperawatan Jiwa | 3 | 0 | 0 | 3 | |
N II.3 | Keperawatan Anak | 3 | 0 | 0 | 3 | |
N II.4 | Keperawatan Maternitas | 3 | 0 | 0 | 3 | |
N II.5 | Keperawatan Gadar dan Kritis | 3 | 0 | 0 | 3 | |
N II.6 | Keperawatan Gerontik | 2 | 0 | 0 | 2 | |
N II.7 | Karya Ilmiah Akhir | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Jumlah | 18 | 0 | 0 | 18 |