Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga

Trakreditasi Unggul LAM-PTKes
SK No 0721/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2024
Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga mulai berkarya pada tahun 1993 dalam bentuk Akademi Keperawatan (AKPER) Panti Rapih. Pada 2017 berubah menjadi Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga setelah konversi menjadi STIKes Panti Rapih. Reputasi dan konstribusi Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga dalam pengembangan ilmu, penyediaan sumber daya tenaga kesehatan yang kompeten dan keterlibatan dalam peningkatan pelayanan kesehatan melalui ciri khas keunggulan yang dimiliki
Seiring dengan berjalannya waktu, Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga berhasil menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat serta pemangku kepentingan. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian hasil Akreditasi LAM PT Kes dengan nilai Unggul.
Keberhasilan lain yang ditunjukkan antara lain persentase kelulusan uji kompetensi berbasis CBT (Computer Based Test) mencapai 100% selama empat tahun berturut-turut (2019 – 2024). Selain itu merupakan Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga terbaik se Daerah Istimewa Yogyakarta (AIPViKI regional XIII)

Visi:
Menjadi program studi Diploma Tiga Keperawatan dengan tata kelola yang berstandart internasional untuk menghasilkan perawat vokasional yang unggul khususnya keperawatan medical bedah pada penyakit degeneratif, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral Kristiani dan berdaya saing internasional pada tahun 2041.
Misi
- Menyelenggarakan program studi Diploma Tiga Keperawatan dengan tata kelola yang baik dan berkelanjutan menuju standar internasional.
- Menghasilkan tenaga perawat vokasional yang unggul terutama di bidang keperawatan medikal bedah pada penyakit degeneratif, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral Kristiani dan berdaya saing internasional melalui pendidikan yang paripurna dan pengajaran yang holistik serta terbuka bagi semua kalangan masyarakat.
- Memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu keperawatan untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
- Menumbuh-kembangkan karakter civitas akademik dan budaya organisasi yang berlandaskan moral Kristiani dan dijiwai nilai-nilai spiritualitas kongregasi Suster Suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus dengan mengedepankan nilai Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Innovation (ICARE)
Tujuan
- Mewujudkan program studi Diploma Tiga Keperawatan dengan tata kelola yang baik dan berkelanjutan menuju tata kelola berstandar internasional.
- Menghasilkan perawat vokasional yang unggul terutama di bidang keperawatan medikal bedah pada penyakit degeneratif, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral Kristiani dan berdaya saing internasional melalui pendidikan yang paripurna dan pengajaran yang holistik serta terbuka bagi semua kalangan masyarakat.
- Menghasilkan karya ilmiah yang inovatif sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu keperawatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat.
- Mewujudkan karakter civitas akademik dan budaya organisasi yang berlandaskan moral Kristiani dengan mengedepankan nilai-nilai Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Innovation (ICARE).
Sasaran:
- Terwujudnya tata kelola program studi D.III Keperawatan yang baik dan berkelanjutan menuju tata kelola berstandar internasional dengan pemanfaatan teknologi informasi.
- Terwujudkan jejaring dan kerjasama yang mendukung tri dharma dan pengembangan program studi.
- Dihasilkannya perawat vokasional yang unggul terutama di bidang keperawatan medikal bedah pada penyakit degeneratif, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral Kristiani dan berdaya saing internasional melalui pendidikan yang paripurna.
- Dihasilkannya luaran dan publikasi penelitian yang inovatif sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang ilmu keperawatan untuk untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat
- Dihasilkannya luaran dan publikasi pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi dalam penyelesaian masalah kesehatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Terwujudnya karakter civitas akademik dan budaya organisasi yang berlandaskan moral Kristiani dengan mengedepankan nilai-nilai Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Innovation (ICARE).
Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga STIKes Panti Rapih Yogyakarta meluluskan perawat vokasional dengan penekanan pada Keperawatan Medikal Bedah (KMB) pada penyakit degeneratif yang senantiasa mengembangkan diri dan profesi, berperilaku unggul, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral kristiani, berdaya saing internasional serta berperilaku didasarkan pada aspek legal- etik serta nilai nilai ICARE (Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Inovation) dalam menjalankan perannya sebagai:
- Pemberi asuhan keperawatan (Care Provider)
Sebagai perawat yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang meliputi aspek bio, psiko, sosio, kultural, dan spiritual dalam kondisi sehat, sakit serta kegawatdaruratan berdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik perawat dan undang-undang yang berlaku
- Pendidik klien (Educator)
Sebagai perawat yang mampu memberikan pendidikan kesehatan sebagai upaya promosi dan prevensi kesehatan kepada individu, keluarga, dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas
- Pengelola dan pemimpin asuhan keperawatan (Manager and Leader)
Sebagai perawat yang mampu menggerakkan diri dan klien serta berperan aktif dalam managemen keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat sesuai dengan tanggungjawab dan kewenangannya
- Peneliti (Researcher)
Sebagai perawat yang mampu melakukan penelitian melalui asuhan keperawatan berdasarkan etik dan bukti ilmiah untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan sebagai implementasi belajar sepanjang hayat
Masa Studi mahasiswa selama 6 (enam) semester
Kurikulum Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga STIKes Panti Rapih Yogyakarta secara keseluruhan sudah mengacu/sesuai dengan visi, misi, tujuan dan ciri khas Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga serta kebijakan pemerintah terkait pendidikan tinggi yaitu Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) serta mengacu pada Keputusan Presiden N0 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Selain itu kurikulum juga mengacu pada kurikulum inti yang disusun oleh AIPViKI bersama dengan PPNI. Kurikulum pendidikan disusun atas kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan sesuai KKNI pada level 5.
Capaian pembelajaran secara komprehensif akan diukur setelah mahasiswa menempuh seluruh proses pembelajaran di Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga. Total SKS yang tersedia selama pendidikan di Prodi Diploma Tiga Keperawatan STIKes Panti Rapih Yogyakarta adalah sebesar 110 SKS dengan besaran pembelajaran 52 SKS teori (47.27%) dan 58 SKS praktik (52.73%) terdiri dari 35 SKS praktik laboratorium dan 23 SKS praktik klinik yang terdistribusi dalam 6 semester. Kurikulum ini ditinjau tiap 3-4 tahun sekali
Struktur Program
Semester I
KODE MK | MATA KULIAH | BOBOT SKS | T | L | K |
WAT. I.1 | Strategi Belajar | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. I.2 | Ilmu Biomedik Dasar | 4 | 2 | 2 | 0 |
WAT. I.3 | Konsep Dasar Keperawatan | 2 | 2 | 0 | 0 |
WAT. I.4 | Keperawatan Dasar I | 3 | 1 | 2 | 0 |
WAT. I.5 | Komunikasi | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. I.6 | Manajemen Patient Safety | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. I.7 | Metodologi Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. I.8 | Psikologi | 2 | 2 | 0 | 0 |
Jumlah | 19 | 11 | 8 | 0 |
Semester 2
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
L |
K |
WAT. II.1 | Patofisiologi | 2 | 2 | 0 | 0 |
WAT. II.2 | Dokumentasi Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. II.3 | Keperawatan Dasar II | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. II.4 | Praktik Klinik Keperawatan Dasar | 3 | 0 | 0 | 3 |
WAT. II.5 | Farmakologi | 3 | 2 | 1 | 0 |
WAT. II.6 | Antropologi Kesehatan | 2 | 2 | 0 | 0 |
WAT. II.7 | Promosi Kesehatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. II.8 | Etika Keperawatan dan Hukum Kesehatan | 2 | 2 | 0 | 0 |
WAT.II.9 | Spiritualitas Karya CB | 2 | 1 | 1 | 0 |
Jumlah | 20 | 12 | 5 | 3 |
Semester 3
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
L |
K |
WAT. III.1 | Gizi dan diet | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. III.2 | KMB I | 3 | 1 | 2 | 0 |
WAT. III.3 | KMB II | 3 | 1 | 2 | 0 |
WAT. III.4 | KMB Degeneratif | 3 | 1 | 2 | 0 |
WAT. III.5 | Bahasa Inggris | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. III.6 | Caring dan Karakter Building | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. III.7 | Agama | 2 | 2 | 0 | 0 |
WAT. III.8 | Pancasila | 2 | 2 | 0 | 0 |
Jumlah | 18 | 10 | 80 | 0 |
Semester 4
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
L |
K |
WAT. IV.1 | Praktik KMB | 4 | 0 | 0 | 4 |
WAT. IV.2 | Praktik Klinik KMB Degeneratif | 4 | 0 | 0 | 4 |
WAT. IV.3 | Keperawatan Gerontik | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. IV.4 | Keperawatan Keluarga | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. IV.5 | Praktik Lapangan Keluarga dan Gerontik | 2 | 0 | 0 | 2 |
WAT IV.6 | Kewarganegaraan | 2 | 2 | 0 | 0 |
WAT IV.7 | Bahasa Indonesia | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT IV.8 | Pendidikan Budaya Anti Korupsi | 2 | 1 | 1 | 0 |
Jumlah | 20 | 6 | 4 | 10 |
Semester 5
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
L |
K |
WAT V.1 | Keperawatan Jiwa | 3 | 2 | 1 | 0 |
WAT V.2 | Keperawatan Anak | 3 | 2 | 1 | 0 |
WAT V.3 | Manajemen Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT V.4 | Keperawatan Maternitas | 3 | 2 | 1 | 0 |
WAT V.5 | Praktik Klinik Keperawatan Jiwa | 2 | 0 | 0 | 2 |
WAT V.6 | Metodologi Penelitian | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT V.7 | Praktik Klinik Keperawatan Anak | 2 | 0 | 0 | 2 |
WAT V.8 | Praktik Klinik Keperawatan Maternitas | 2 | 0 | 0 | 2 |
Jumlah | 19 | 8 | 5 | 6 |
Semester 6
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
T |
L |
K |
WAT. VI.1 | Keperawatan Gawat Daurat | 3 | 1 | 1 | 1 |
WAT. VI.2 | Manajemen Bencana | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. VI.3 | Kewirausahaan | 2 | 1 | 1 | 0 |
WAT. VI.4 | Kebijakan Kesehatan | 2 | 2 | 0 | 0 |
WAT VI.5 | MK Elektif: terapi modalitas pada penyakit KMB degeneratif | 2 | 0 | 2 | 0 |
WAT. VI.6 | MK Elektif: Terapi komplementer pada penyakit kmb degeneratif | 2 | 0 | 2 | 0 |
WAT VI.7 | Karya Tulis Ilmiah | 3 | 0 | 0 | 3 |
Jumlah | 14 | 5 | 5 | 4 |
Mata Kuliah Unggulan
Mata Kuliah Unggulan: mata kuliah yang merupakan center of excellence. Mata Kuliah yang bermuatan Keperawatan Medikal Bedah meliputi:
NO | Nama Mata Kuliah | Beban SKS |
1 | KMB I | 3 |
2 | KMB II | 3 |
3 | KMB Degeneratif | 3 |
4 | Praktik Klinik KMB Degeneratif | 3 |
5 | Praktik KMB | 4 |
6 | MK Elektif: Terapi modalitas pada penyakit KMB degeneratif | 2 |
7 | MK Elektif: Terapi komplementer pada penyakit kmb degeneratif | 2 |
Mata Kuliah Praktik Keahlian
NO | Nama Mata Kuliah | Beban SKS |
1 | Praktik Klinik Keperawatan Dasar | 3 |
2 | Keperawsatan Gawat Darurat | 3 |
3 | Praktik Keperawatan Anak | 2 |
4 | Praktik Keperawatan Maternitas | 2 |
5 | Praktik Keperawatan Jiwa | 2 |
6 | Praktik Lapangan Keluarga dan Gerontik | 2 |