Pelatihan Patient Safety

Pelatihan Patient Safety

Petugas kesehatan wajib menjalankan aturan dan tindakan yang mengutamakan Patient Safety. Patient Safety merupakan suatu sistem yang menjaga keselamatan pasien dengan cara mencegah terjadinya cidera, mencegah terjadinya  kesalahan suatu tindakan kepada pasien atau mengabaikan suatu tindakan yang seharusnya dilakukan. Akhir – akhir ini masalah keselamatan pasien menjadi isu global. Berbagai kasus kecelakaan yang terjadi di institusi pelayanan kesehatan menjadi perhatian banyak pihak. Patient Safety sangat penting diketahui oleh mahasiswa sejak dini. Sehingga dengan berbekal pengetahuan yang cukup tentang Patient Safety ini maka ketika mahasiswa melaksanakan pembelajaran klinik keperawatan, mereka dapat mengaplikasikan Patient Safety dengan baik sehingga kualitas layanan keperawatan semakin baik. Selain itu dengan bekal pengetahuan dan ketrampilan ini juga melindungi mahasiswa dan pasien dari kecelakaan ketika praktik klinik di rumah sakit.


Pada tanggal 23-24 Mei 2019 Pusat Karir STIKes Panti Rapih Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Patient Safety bagi para mahasiswa semester dua Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan Profesi Ners. Tujuan dari palatihan ini adalah meningkatkan pemahaman tentang standar keselamatan pasien, Meningkatnya pemahaman tentang penatalaksanaan jika terkena pajanan dan six goal patient safety, meningkatnya ketrampilan tentang six goal patient safety. Sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah tim PPI dan KMKP dari RS Panti Rapih Yogayakarta. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>