Penyuluhan Kesehatan di Posyandu Lansia RW VII Sagan, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Penyuluhan Kesehatan di Posyandu Lansia RW VII Sagan, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Kaum lanjut usia adalah kelompok manusia dengan usia di atas 60 tahun. Populasi lanjut usia di Indonesia diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Data dari Badan Pusat Statistik 2012 menyebutkan  bahwa di Indonesia proporsi penduduk lansia (usia diatas 60 tahun) mengalami peningkatan dari tahun 1980 sebanyak 5,45% menjadi 9,77% pada tahun 2010. Diperkirakan pada tahun 2020 jumlah populasi lansia mencapai 11,34%  dibandingkan  kelompok usia lainnya, sedangkan untuk Usia Harapan Hidup juga mengalami peningkatan. Data Perserikatan Bangsa Bangsa menyebutkan bahwa pada tahun 2000-2005 UHH adalah 66,4 tahun, dan diperkirakan akan meningkat pada tahun 2045-2050 UHH menjadi 77,6 tahun.

Usia harapan hidup yang semakin meningkat akan memberikan dampak yang besar pada sistem kesehatan karena meningkatnya morbiditas dan menurunnya performa fisik fungsional terkait dengan penyakit degeneratif pada lansia. Salah satu faktor yang ikut berperan dalam peningkatan kualitas hidup lansia adalah asupan zat gizi. Masalah gizi yang terjadi pada lansia selain terjadi karena penurunan fungsi fisiologis pada lansia juga merupakan masalah gizi yang terjadi sejak usia muda yang manifestasinya terjadi pada lansia. Beberapa penelitian menunjukan bahwa masalah gizi pada lansia sebagian besar merupakan masalah gizi lebih yang merupakan faktor risiko timbulnya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, hipertensi, gout rematik, ginjal, perlemakan hati, dan lain-lain.

Informasi kesehatan adalah hal esensial yang dibutuhkan kaum lanjut usia dan keluarga sebagai support system. Memahami perubahan fisik dan segala konsekuensinya dapat membantu kaum lanjut usia menjalani masa tua dengan lebih bermakna.

Jumat 10 Mei 2019 bertempat di Balai RW VII Sagan, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta  para mahasiswa dari Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan Profesi Ners bersama para dosen melakukan penyuluhan kesehatan bagi Seluruh anggota posyandu lansia RW VII Sagan, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Penyuluhan kesehatan diharapkan dapat membantu kelompok lanjut usia di masyarakat untuk dapat memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menjalani hidup dengan bahagia, sehat, dan mandiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>