Keperawatan merupakan salah satu profesi bidang kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Perawat sebagai tenaga kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dan berkualitas. Pelayanan keperawatan yang berkualitas dapat diberikan jika perawat memiliki kemampuan dalam hal intelektual, interpersonal dan teknikal. Untuk membentuk kemampuan intelektual, interpersonal dan teknikal yang baik, diperlukan suatu metode pembelajaran yang baik pula. Salah satu metode pembelajaran yang penting diperhatikan adalah metode pembelajaran klinik.
Pembelajaran klinik merupakan suatu pengalaman pembelajaran dimana mahasiswa keperawatan berinteraksi langsung dengan pasien. Dalam melakukan pembelajaran klinik, calon perawat (mahasiswa) perlu mendapatkan pendampingan dari dosen atau pembimbing klinik, oleh karena mahasiswa belum memiliki aspek legal dalam melakukan tindakan keperawatan secara penuh. Dalam melakukan bimbingan klinik kepada para calon perawat (mahasiswa), para pembimbing klinik perlu memahami beberapa hal tentang beberapa metode bimbingan klinik dan bagaimana melakukan evaluasi saat mahasiswa melakukan pembelajaran klinik. Melihat latar belakang tersebut, maka Bidang Sumber Belajar dan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mengadakan kegiatan pelatihan “ Metode Bimbingan Klinik Preseptorship dan Mentorship” pada tanggal 6-7 Juni 2018 dengan narasumber Dr. Wenny Artanti Nisman, S.Kep, Ns., M.Kes. & DR. Susetyowati, DCN.M.Kes