Dunia Pendidikan Tinggi saat ini mengahadapi banyak tantangan dalam persaingan antar Perguruan Tinggi, baik tingkat local, nasional maupun internasional. Banyaknya Perguruan Tinggi terutama Perguruan Tinggi Swasta memacu setiap PPerguruan Tinggi untuk bertahan dan selalu beinovasi dalam mempromosikan diri. Berlatarbelakang hal tersebut, maka LLDIKTI V mengadakan kegiatan Rakor seluruh humas Perguruan Tinggi Swasta dengan tema “ Inovasi dan Sinergi Humas Perguruan Tinggi dalam Membangun Pendidikan Tinggi di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta” yang dilaksanakan di Grand Rohan Jogja pada tanggal 6 Mei 2024.
Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. Setyabudi Indartono, M.M dalam kata sambutannya mengungkapkan bahwa saat ini terjadi fenomena penurunan jumlah calon mahasiswa yang dialami oleh hampir semua Perguruan Tinggi Swasta di DIY. Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini hanya sekitar 8,2% lulusan SLTA di Yogyakarta yang melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, sehingga kondisi ini dapat ditangkap sebagai peluang Perguruan Tinggi Swasta untuk meningkatkan kemampuan dan berinovasi serta bersinergi untuk proses promosi secara optimal, dengan tujuan akhir mampu menarik minat pendaftar dari lulusan SLTA yang belum tergugah meningkatkan jenjang pendidikannya ke Perguruan Tinggi.
Pada pertemuan tersebut, telah dibahas pula tentang “Strategi Meraih Prestasi Kompetisi kehumasan dan Pengukuran kinerja humas” oleh narasumber Asmono Wikan (CEO PR INDONESIA Group) pada sesi pertama. Pada penjelasannya, Bapak Asmono menyampaikan bahwa untuk dapat melakukan promosi yang baik diperlukan tim humas yang kompeten, mendapatkan posisi yang penting di institusi dan disukung oleh biaya yang memadahi. Selanjutnya pada sesi kedua disampaikan tentang “Praktik Baik Pengelolaan SDM kehumasan dan Manajemen Krisis di Perguruan Tinggi oleh Kepala Biro Humas & Protokol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)” oleh Ibu Hijriyah Oktaviani, S.IP., M.M. Pada kesempatan tersebut, Ibu Hijriyah mensharingkan pengalamanannya bahwa keberhasilan humas sebuah institusi perlu dukungan struktur dan system yang kuat dan jelas. Lebih jelas diungkapkan bahwa wajah institusi Perguruan Tinggi dapat tercermin dari tim humas institusi tersebut.
Selanjutnya, untuk meningkatkan capaian Perguruan Tinggi mempromosikan dirinya, dalam Rakor Tersebut dihadirkan narasumber Bapak Muhammad Najih Farihanto S.I.Kom., MA, seorang Dosen sekaligus Content Creator dari Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan pada sesi ketiga. Bapak Najih melalui tema” Humas Produktif Melalui Konten Kreatif” menyampaikan bahwa jaman sekarang ini strategi promosi melalui pengelolaan digital marketing merupakan strategi jitu dalam menghadapi persaingan global Perguruan Tinggi. Digital marketing memerlukan tim yang kreatif dan inovatif, yang sesuai dengan genarasi Z jaman ini.
Melalui kegiatan Rakor Humas ini, STIKes Panti Rapih berkomitmen selalu mengembangkan diri untuk menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan mampu berdaya saing ditengah fenomena atau trend menurunnya jumlah calon mahasiswa yang berpeluang masuk ke Perguruan tinggi Swasta. STIKes Panti Rapih terus dan selalu mengembangkan diri menjadi kampus yang Inovatif dan bersinergi dalam membangun pendidikan tinggi di Yogyakarta melalui strategi kehumasan dan pengembangan konten kreatif dalam digital marketing untuk mendukung kualitas layanan pendidikan tinggi swasta di DIY.