STIKes Panti Rapih Yogyakarta, baru-baru ini menerima kunjungan tim penilai dari LAM-PTKes untuk melakukan asesmen lapangan terhadap program studi Diploma Tiga Keperawatan pada tanggal 12-14 September 2024. Ketua STIKes Panti Rapih Yogyakarta Yulia Wardani., MAN dan Ketua umum pengurus Yayasan Panti Rapih Ir. Ambrosius Koesmargono, Ph.D, menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat memperoleh masukan yang konstruktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. ‘Asesmen lapangan ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengevaluasi diri dan memperbaiki segala kekurangan yang ada,’ ujar Yogyakarta Yulia Wardani., MAN. Diharapkan, dengan adanya akreditasi ini, lulusan program studi Diploma Tiga Keperawatan STIKes Panti Rapih dapat semakin mudah diterima di dunia kerja dan berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
LAM-PTKes sendiri merupakan lembaga independen yang bertugas melakukan akreditasi terhadap program studi di bidang kesehatan. Akreditasi merupakan suatu pengakuan formal atas kualitas suatu program studi yang diberikan oleh lembaga yang kompeten. Tujuan dari akreditasi adalah untuk menjamin bahwa lulusan suatu program studi memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, serta untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Dalam proses asesmen lapangan, tim penilai dari LAM-PTKes diwakali oleh Dr. A.V. Sri Suhardiningsih, S.Kp., M.Kes dan Dr. Kelana Kusuma Dharma, S.Kp, M.Kes melakukan evaluasi terhadap berbagai aspek program studi, mulai dari kurikulum, proses pembelajaran, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, hingga luaran lulusan. Beberapa kriteria yang dinilai meliputi relevansi kurikulum dengan kebutuhan masyarakat, kualitas proses pembelajaran, kompetensi dosen, ketersediaan fasilitas praktikum, dan kinerja lulusan.
Adanya asesmen lapangan ini memberikan banyak manfaat bagi institusi pendidikan tinggi. Pertama, asesmen ini dapat menjadi tolok ukur bagi institusi untuk mengetahui sejauh mana program studi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Kedua, melalui asesmen ini, institusi dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan yang perlu diperbaiki. Ketiga, akreditasi yang diperoleh dapat meningkatkan reputasi institusi di mata masyarakat dan dunia kerja, sehingga dapat menarik minat calon mahasiswa yang berkualitas.
Dengan demikian, asesmen lapangan akreditasi yang dilakukan oleh LAM-PTKes merupakan langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di bidang keperawatan. Melalui proses ini, diharapkan program studi Diploma Tiga Keperawatan STIKes Panti Rapih Yogyakarta dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.