Upacara Angkat Janji 2017

Upacara Angkat Janji 2017

Rabu 29 November 2017, Mahasiswa semester III STIKes Panti Rapih Yogyakarta mengikuti Upacara Angkat janji. Upacara ini diikuti oleh 142 mahasiswa, terdiri dari 18 (12,68%) mahasiswa laki-laki dan 124 (87,33%) mahasiswa perempuan.

Mahasiswa semester III ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia antara lain: DIY sebanyak 82 mahasiswa (57,7%) , Jawa Tengah sejumlah 43 mahasiswa (30,28%), Jakarta, Jawa Barat dan jawa Timur, kalimantan tengah, kalimantan timur, Lampung, NTB, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan masing masing 1 mahasiswa (0,7%).

Mahasiswa semester III ini sudah menempuh beban studi sejumlah 56 sks (48%) dari seluruh kurikulum yang harus dijalani. Beban studi yang telah dilalui pada semester I berjumlah 20 SKS yang terdiri atas 16 SKS Teori dan 4 SKS Praktikum Kelas. Duapuluh SKS tersebut meliputi mata kuliah Agama, Bahasa Indonesia, Strategi Belajar, Ilmu Dasar Keperawatan, Keperawatan Dasar dan Patient Safety, Metodologi dan Dokumentasi Keperawatan. Sedangkan beban studi yang dilalui pada semester II sejumlah 20 SKS terdiri atas Teori 17 SKS dan Praktikum Kelas 3 SKS. Mata Kuliah yang ditempuh meliputi Mikrobiologi dan Parasitologi, Psikologi Dalam Keperawatan, Komunikasi dan Promosi Kesehatan, Etikolegal dalam Keperawatan Profesional, Caring Dalam Keperawatan, Nasionalisme dan Kebudayaan. Pada semester III mahasiswa sudah menempuh sejumlah 16 sks yang terdiri dari 11 sks teori dan 5 sks praktik laboratorium. Mata Kuliah yang dilalui adalah Bahasa Inggris I, Bahasa Inggris II, Sistem Pernapasan dan Integumen, Sistem Pencernaan dan Endokrin serta Sistem Perkemihan. Mata kuliah terakhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester III adalah Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah I yang akan dilaksanakan mulai 4 Desember 2017 sampai dengan 13 Januari 2018.

Untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki pendidikan profesi yang sebenarnya, mahasiswa semester III akan diberikan kesempatan yang pertama kali melaksanakan praktik di rumah sakit selama 5 minggu yang dikemas dalam Mata kuliah Praktik Klinik KMB I dengan tujuan :

  1. mahasiswa lebih mengenal, mendalami dan beradaptasi dengan tugas dan kewajiban profesi keperawatan di tempat praktik khususnya rumah sakit.
  2. mahasiswa mampu menerapkan seluruh materi pembelajaran yang telah dilalui dalam bentuk asuhan keperawatan pada pasien yang sesungguhnya di Rumah Sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>