Webinar “Advancing Diabetic Care with Technology Now and Beyond”

Webinar “Advancing Diabetic Care with Technology Now and Beyond”

World Health Organization (2018) menyatakan pada tahun 2017 terdapat 425 juta pasien di dunia menderita penyakit diabetes mellitus. Diperkirakan angka ini akan meningkat sebesar 45% atau setara dengan 629 juta pasien dengan penyakit diabetes mellitus ditahun 2045. Indonesia berada di urutan keenam dari sepuluh negara dengan penderita diabetes mellitus tertinggi, per tahun 2017 jumlah pasien yakni 10,3 juta dan diperkirakan akan meningkat menjadi 16,7 juta pasien di tahun 2045

Teknologi informasi dalam perawatan pasien Diabetes Melitus memiliki peran penting mulai dari memberikan sarana kontrol yang lebih personal dan fleksibel karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, mempermudah penyampaian informasi yang mengedukasi pasien terkait perawatan penyakit Diabetes Melitus, mendukung peningkatan kemandirian pasien dalam manajement perawatan diri, seperti latihan fisik, dosis insulin atau pengobatan, tes glukosa darah, dan diet. Ini menunjukkan potensi aplikasi mobile memiliki dampak positif pada manajemen diri diabetes.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi untuk perawatan penyakit, terutama diabetes mellitus yang semakin maju, tentu mahasiswa dan perawat dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Oleh karena itu, dalam rangka mengembangkan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi informasi serta terapi oksigen hiperbarik dan maggot dalam penanganan diabetes mellitus Himpunan Mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan mengadakan Seminar Keperawatan dengan tema “Advancing Diabetic Care with Technology Now and Beyond” pada hari jumat 5 agustus 2022.
Kegiatan ini dilaksananakan secara blended (daring & luring). Dikuti 40 peserta luring dan 160 daring. Peserta terdiri dari 140 mahasiswa keperawatan, 20 dosen, 30 perawat dan praktisi, serta 10 peserta kategori umum. Narasumber dalam seminar ini adalah, Dr. Jodi Visnu, MPH, dari RS Panti Rapih Yogyakarta, Ibu Dita Hanna Febriani, S.Kep., Ns., MS, dosen STIKes Panti Rapih Yogyakarta, Ibu Siti Fatimah, Ns.,M.Kep dari RS TNI Angkatan Laut Mintohardjo Yogyakarta
Fida Rindiaryani Kusumaningtyas, mahasiswa STIKes Panti Rapih Yogyakarta tingkat 2 Prodi Diploma Tiga Keperawatan

Tujuan dari kegiatan ini adalah Mengetahui dan mengimplementasikan Irreplaceable role of nurses in the Digital transformation era. Emerging technologies for diabetic care, Advanced and promising technology in diabetic wound therapy. Smartphone-Based Technology in Diabetes Managemen dan Meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga.