Upacara Angkat Janji Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Keperawatan dan Sarjana Keperawatan Tahun 2022

Upacara Angkat Janji Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Keperawatan dan Sarjana Keperawatan Tahun 2022

Jumat, 1 Juli 2022 STIKes Panti Rapih Yogyakarta menyelengarakan Upacara Angkat Janji bagi mahasiswa semester II dari Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan Sarjana Keperawatan.  Acara upacara angkat janji ini diselenggarakan sebagai persiapan mahasiswa memasuki masa praktik klinik dan praktik lapangan di rumah sakit.  Mahasiswa yang mengikuti Upacara Angkat Janji secara keseluruhan berjumlah 138 mahasiswa yang terdiri dari 57 mahasiswa dari Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan 81 mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan.  Mahasiswa angkatan tahun 2021 ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia antara lain: DIY,Jawa Tengah,Lampung, Kalimantan Barat, NTT, Papua, Banten, Sumatra Selatan,Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Jawa Timur dan Bangka Belitung.

Mahasiswa semester II Diploma Tiga keperawatan ini sudah menempuh beban studi sejumlah 40 sks (37,04%). Beban studi yang telah dilalui pada semester I berjumlah 20 SKS yang terdiri atas 13 SKS Teori dan 7 SKS Praktik Laboratorium. Beban studi di semester II berjumlah 20 SKS terdiri atas 8 SKS teori, 8 SKS Praktik Laboratorium dan 4 SKS Praktik Klinik.  

Mahasiswa semester II Sarjana Keperawatan sudah menempuh beban studi sejumlah 40 sks (27,78%) dari seluruh kurikulum yang harus dijalani. Beban studi yang telah dilalui pada semester I berjumlah 20 SKS yang terdiri atas 17 SKS Teori dan 3 SKS Praktik. Beban studi di semester II berjumlah 20 SKS terdiri atas 14 SKS teori, 4 SKS Praktik dan 2 SKS Praktik Lapangan.  

 

Sehubungan dengan situasi dan kondisi PANDEMI COVID-19 maka sesuai dengan kebijakan pemerintah, STIKes Panti Rapih juga beradaptasi dengan kebijakan akademik, pada semester ganjil TA 2020-2021 penyelenggaraan proses kegiatan belajar mengajar teori semua (100%) dilakukan secara daring, proses pembelajaran praktik laboratorium dan praktik kinik/ praktik lapangan dilakukan secara blended learning dengan proporsi 60% daring dan 40% luring. Pada semester genap TA 2021-2022 kami telah memulai Pembelajaran teori secara tatap muka terbatas yaitu dilakukan secara Blended Learning (50% daring, 50% luring). Pembelajaran praktik laboratorium dan klinik sudah dapat dilaksanakan secara luring.

Sebelum memasuki proses pembelajaran semester berikutnya STIKes Panti Rapih telah melakukan evaluasi kemantapan mahasiswa dalam menjalani panggilannya menjadi seorang perawat. Sebanyak 99.18% mahasiswa menyatakan sangat mantap dalam menjalani panggilannya menjadi seorang perawat, dan 0,81% menyatakan tidak mantap dalam menjalani panggilannya menjadi seorang perawat.

Melalui Pesan dan Berkat Perutusan yang diberikan oleh Romo Gregorius Prima Dedy Saputro, Pr pada Upacara Angkat Janji ini, seluruh mahasiswa semester II Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan Sarjana Keperawatan diajak untuk memenuhi panggilan menjadi seorang perawat dengan cinta kasih yang sepenuh hati dan menumbuhkan harapan kepada orang yang dirawat dengan kedekatan hati. (am)