Webinar – Pentingnya Kesehatan Mental Pada Kaum Muda Di Masa Pandemi

Webinar – Pentingnya Kesehatan Mental Pada Kaum Muda Di Masa Pandemi

Kesehatan mental menurut WHO, merupakan suatu ungkapan mengenai kondisi seseorang yang sejahtera, yang menyadari kemampuan dirinya, mampu mengelola stress yang dimiliki dan mampu beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif dan berkontribusi untuk lingkungannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesehatan mental ini merupakan suatu dasar yang penting bagi seseorang karena hal ini dapat mempengaruhi kondisi dirinya sendiri beserta lingkungan yang ada disekitarnya.

    Menurut Ridlo, I. A. (2020). Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam mewujudkan kesehatan yang menyeluruh. Namun di sebagian besar negara berkembang, masalah kesehatan mental belum diprioritaskan apabila dibandingkan dengan penyakit menular. Pada tahun 2020, Hari Kesehatan Mental Sedunia, yang diperingati pada 10 Oktober 2020, mengambil tema “an opportunity to kick-start a massive scale-up in investment in mental health.” World Health Organization (WHO) menekankan pada konsekuensi yang ditimbulkan saat kehidupan kita yang telah banyak berubah akibat pandemi COVID19 “. Penekanan lain adalah mendorong negara-negara di dunia untuk memberikan perhatian lebih pada kesehatan mental. Sebagai salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi, kesehatan mental merupakan salah satu bidang kesehatan masyarakat yang paling terabaikan.

    Mahasiswa STIKes Panti Rapih tingkat II Program Studi Sarjana Kepeawatan dan Profesi Ners belajar secara khusus tentang Keperawatan Jiwa, dimana mahasiswa disiapkan untuk mampu memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan masalah kejiwaan. Oleh karena itu diperlukan persiapan khusus bagi mereka sebelum mereka memasuki praktik klinik. Dengan melihat latar belakang tersebut Hari Minggu, 26 Juni 2022, Himpunan Mahasiswa Sarjana Keperawatan STIKes Panti Rapih Yogyakarta mengadakan webinar dengan tema Mental Health secara online. Webinar ini mengambil tema "Pentingnya Kesehatan Mental pada Kaum Muda di Masa Pandemi Covid-19" dengan mengahadirlam narasumber yaitu Bapak Paulus Subiyanto, M.Kep.Sp.KMB dengan topik Membangun Kesehatan Mental Kaum Muda Dengan Growth Mind Set dan Ibu Yulia Wardani, MAN dengan topik Teen’s Mental Health Problem With Management to Promote and Maintain Mental Health.

Webinar ini dipandu oleh Emilia Denanda dan dimoderatori oleh Anselma Ines, mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan dan dikuti lebih dari 150 peserta dari mahasiswa maupun perawat kesehatan. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah  untuk membekali mahasiswa dan tenaga kesehatan agar memiliki wawasan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan mental bagi kaum muda-mudi dan memperoleh gambaran mengenai pentingnya kesehatan mental pada kaum muda-mudi  di masa pandemi di masa pandemi. (Dn)