Wisuda Ahli Madya Keperawatan dan Sarjana Gizi

Wisuda Ahli Madya Keperawatan dan Sarjana Gizi

Rabu 13 Oktober 2020, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Ahli Madya Keperawatan dan Sarjana Gizi. Wisuda kali ini laksanakan secara luring dan secara daring yang disiarkan langsung melalui akun Youtube STIKes Panti Rapih. Wisuda ke-29 diikuti oleh 97 wisudawan wisudawati terdiri dari 89 lulusan (91.75%) dari Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan 8 lulusan (8.24%) dari Program Studi Sarjana Gizi. Wisudawan-wisudawati terdiri dari 19 (19,59%) wisudawan dan 78 (80,41%) wisudawati. 53.61% berasal dari DIY, 30.92% berasal dari Jawa, 7,22% dari Sumatera, 6.18% dari Kalimantan dan 2.06% dari DKI Jakarta. Sebanyak 71.13%

STIKes Panti Rapih yang berada di bawah payung Yayasan Panti Rapih dan berada dalam Koordinasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada pembinaan karakter. Pada Program Studi Diploma Tiga Keperawatan sejumlah 19 lulusan masih menggunakan kurikulum tahun 2013 dirancang dengan beban studi sebesar 117 sks dengan unggulan Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Gawat Darurat dan sejumlah 78 lulusan merupakan angkatan pertama yang menggunakan kurikulum tahun 2018 dirancang dengan beban studi sebesar 110 sks dengan unggulan Keperawatan Medikal Bedah Pada Penyakit Degeneratif. Perbandingan antara teori dengan praktik adalah 40% teori dan 60% praktik. Kurikulum disusun berlandaskan pada Visi, Misi STIKes Panti Rapih, Falsafah Keperawatan serta berorientasi pada Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI), kebutuhan stakeholders dan standart Nasional Pendidikan Tinggi sehingga mampu menghasilkan perawat vokasional yang handal.

Kurikulum diselesaikan oleh para lulusan Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dalam masa studi 6-10 semester dan Yudisium Kelulusan dilaksanakan di STIKes Panti Rapih Yogyakarta bulan Januari dan Oktober 2021. Seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan kurikulum, melaksanakan Praktik Komprehensif sebagai tugas akhir dan uji kompetensi sebagai exit exam dinyatakan kompeten, maka mereka semua dinyatakan lulus. Untuk Lulusan Program Studi Diploma Tiga Keperawatan ini pertama kali menggunakan Uji Kompetensi sebagai exit exam dan puji Tuhan mencapai kelulusan 100%. Untuk proses penilaian akhir program sebagai gabungan nilai akademik dan uji komtensi sedang dalam proses menunggu hasil dari Panitia Uji Kompetensi.

Pada Program Studi Sarjana Gizi menggunakan kurikulum tahun 2017 dirancang dengan beban studi sebesar 146 sks dengan unggulan Kewirausahaan Gizi. Perbandingan antara teori dengan praktik adalah 71,9% Teori dan 28,1% Praktik. Kurikulum disusun berlandaskan pada Visi, Misi STIKes Panti Rapih, Falsafah Keperawatan serta berorientasi pada Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI), kebutuhan stakeholders dan standart Nasional Pendidikan Tinggi sehingga mampu menghasilkan ahli gizi yang handal

Kurikulum diselesaikan oleh para lulusan Sarjana Gizi dalam masa studi 8-14 semester dan Yudisium Kelulusan dilaksanakan di STIKes Panti Rapih Yogyakarta bulan September 2021. Seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan kurikulum dan telah menyelesaikan Skripsi sebagai tugas akhir maka mereka semua dinyatakan lulus.

Selain itu Program Studi Sarjana Keperawatan juga telah meluluskan 11 orang lulusan. Mereka telah menyelesaikan seluruh rangkaian tahap akademik pada Program Studi Sarjana Keperawatan, namun pada saat ini tidak ikut dalam acara wisuda karena mereka akan melanjutkan berproses tahap profesi di Program Studi Profesi Ners.

Berdasarkan pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta wisuda dari Program Studi Diploma Tiga Keperawatan tahun 2021: tertinggi adalah 3,96, terendah 2.75 dan IPK rata-rata adalah 3.44. Sejumlah 42.69% Lulus dengan predikat “Pujian”, 49.43% dengan predikat “sangat memuaskan”, 6.74% dengan predikat “memuaskan”.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta wisuda dari Program Studi Sarjana Gizi  tahun 2021: tertinggi adalah 3,96, terendah 2,92 dan IPK rata-rata adalah 3.48 Sejumlah 50% Lulus dengan predikat “Pujian”, 37.5% dengan predikat “sangat memuaskan”, 12,5% dengan predikat “memuaskan”.

Dengan demikian, sampai tahun 2021 STIKes Panti Rapih telah berhasil meluluskan sebanyak 2909 orang Ahli Madya Keperawatan dan 8 orang sarjana gizi.