Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme – Program Holistik Pemberdayaan Pembangunan Desa (PHP2D)

Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme – Program Holistik Pemberdayaan Pembangunan Desa (PHP2D)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama Perwakilan Mahasiswa (BPM), Himpunan Mahasiswa Sarjana Keperawatan dan Kamagizi dari STIKes Panti Rapih menggelar sosialisasi dan pelatihan pembuatan Eco Enzyme sebagai bahan dasar pembuatan handsanitizer bersama narasumber Sr.Theresina Asri Endah Nuratri CB SKP MsC  dan sosialisasi pembuatan pupuk kompos  bersama narasumber Bapak Ananta di Padukuhan Ngawen Sleman pada tanggal 20 September 2021. Selain itu, Organisasi Mahasiswa juga menggelar kegiatan serah terima alat secara simbolis oleh Wakil Ketua III STIKes Panti Rapih, Sr. Therese Maura Hardjanti, MSN kepada Kepala Dukuh Ngawen, Bapak Iswanto dan dilanjutkan dengan Pelatihan pembuatan pupuk organik bersama Narasumber Bapak Ananta ( 26 September 2021 ). Kegiatan ini merupakan rangkaian program Holistik Pemberdayaan Pembangunan Desa (PHP2D) sebagai wadah untuk mahasiswa agar dapat mengembangkan potensi masyarakat.

Mahasiswa STIKes Panti Rapih Lolos seleksi sebagai penerima bantuan PHP2D dengan judul proposal “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Sebagai Eco Enzyme Bahan Dasar Pembuatan Hand Sanitizer Dan Limbah Ternak Sapi Sebagai Pupuk Organik Di Padukuhan Ngawen, Sleman.”

Hasil studi pendahuluan di dusun Ngawen Kronggahan II, Trihanggo, Sleman Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukkan bahwa warga di desa ini termasuk dalam warga yang memiliki golongan perekonomian menengah kebawah. Kebanyakan mata pencaharian warga di dusun Ngawen ini sebagai petani dan peternak. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa terdapat limbah ternak sapi yang belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini ditunjukkan dari pernyataan warga yang mengatakan bahwa kotoran sapi sebagian besar dijual mentah tanpa diolah menjadi pupuk.

Potensi yang ada di Dusun Ngawen sangat mungkin dikembangkan yaitu pengolahan limbah ternak sapi sebagai pupuk organik dan pengolahan limbah rumah tangga sebagai Eco Enzyme yang selanjutnya diolah sebagai hand sanitizer. Untuk mencapai hal tersebut maka tim mengusulkan melalui program PHP2D adanya pelatihan pengolahan limbah sapi menjadi pupuk organik dan pelatihan pengolahan limbah rumah tangga sebagai Eco-Enzyme. Selain pelatihan pengolahan limbah, tim akan membantu dan membimbing dalam proses branding produk dan proses pemasaran terutama secara online melalui web, tempat belanja online dan social media guna untuk menarik masyarakat luar dan tujuan diajarkannya agar masyarakat juga dapat mengaplikasikannya secara mandiri juga. Dengan demikian program ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemandirian warga dalam pengolahan limbah ternak sapi dan limbah rumah tangga.