Mahasiswa STIKes Panti Rapih Menjadi Relawan Saat Pandemi Covid 19

Mahasiswa STIKes Panti Rapih Menjadi Relawan Saat Pandemi Covid 19

Angka kejadian Covid semakin meningkat, bahkan data terbaru terkait dengan pasien positif Covid 19 adalah sebesar 7.775 (Covid.go.id, 23 April 2020). Berbagai upaya sudah diberlakukan mulai dari tingkat nasional, daerah dan beberapa instansi pun juga menjalankan protocol khusus sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Rumah Sakit di bawah Yayasan Panti Rapih Yogyakarta juga memberlakukan screening suhu tubuh bagi petugas kesehatan dan pengunjung yang berkunjung atau akan memasuki area Rumah Sakit. Dalam kegiatan screening suhu tubuh tersebut, mahasiswa STIKes Panti Rapih terlibat untuk menjadi Relawan bagi Rumah Sakit yang membutuhkan bantuan, diantaranya adalah Rumah Sakit Panti Rapih dan Rumah Sakit Panti Riini. Keterlibatan mahasiswa STIKes Panti Rapih menjadi Relawan dimulai pada 25 Maret 2020 sampai dengan saat ini.

 

I CARE adalah nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karekater bagi mahasiswa di STIKes Panti Rapih Yogyakarta. I CARE adalah Integrity, Compassion, Assurance, Respesct dan Embrace Innovation. Keterlibatan mahasiswa menjadi Relawan Rumah Sakit selama pandemi Covid-19 ini merupakan salah satu implementasi dari pendidikan karakter yang dikembangkan di STIKes Panti Rapih, yaitu compassion, dimana mahasiwa berani bertindak untuk mengambil bagian yang dapat dilakukan. Keterlibatan mahasiswa menjadi Relawan di Rumah Sakit, merupakan keberanian mahasiswa untuk ikut mengambil bagian dalam upaya pencegahan covid-19 dengan melakukan kegiatan pengukuran suhu, memotivasi pengunjung Rumah Sakit untuk mencuci tangan dan mengajarkan cara mencuci tangan yang benar pada pengunjung Rumah Sakit sebelum memasuki area Rumah Sakit.

Selain sebagai implementasi nilai I CARE, keterlibatan mahasiswa STIKes Panti Rapih menjadi Relawan di Rumah Sakit merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Setiap mahasiswa di STIKes Panti Rapih wajib menjalankan kegiatan Pengabdian kepada Msyarakat sebagai upaya untuk meningkatakan pengetahuan dan derajat kesehatan masyarakat. (anjrn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>