Akreditasi Program Studi Sarjana Gizi

Akreditasi Program Studi Sarjana Gizi

Tanggal 24-26 Maret 2019 akan menjadi tanggal bersejarah bagi Prodi Sarjana Gizi STIKes Panti Rapih, karena pada hari itu, prodi Sarjana Gizi diaudit pengelolaannya oleh pihak eksternal, yakni oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Akreditasi merupakan bentuk kredibilitas pertanggunggjawaban pengelolaan program studi kepada stakeholder. Sejak Minggu, 24 Maret 2019 pukul 15.40 dua asesor LAM-PTKes tiba di Stasiun Tugu menggunakan Kereta Api Argo Dwipangga. Kereta tersesbut membawa Bapak Ahmad Faridi, SP., MKM yang berasal dari Prodi Gizi Univ. Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta dan Ibu Dr. Ir. Hery Winarsi MS, dosen prodi Gizi Univ. Jenderal Soedirman Purwokerto. Setelah santap malam bersama, kedua asesor berkenan mengunjungi Kampus I di Jl. Kaliurang.

Keesokan harinya, diadakan acara pembukaan yang dihadiri oleh asesor, Ketua Yayasan Panti Rapih, pimpinan dan seluruh pejabat struktural, seluruh dosen program studi Sarjana Gizi, seluruh pengisi borang dan tim penunjang akreditasi. Mulai pukul 09.15 dilakukan wawancara dan bedah dokumen dengan pimpinan stikes dan seluruh tim pengisi borang standar 1 sampai 7. Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan wawancara asesor pada alumni, calon pengguna lulusan, mahasiswa dan dosen prodi Sarjana Gizi. Pada pukul 15.30 – 16.30 kedua asesor berkenan mengunjungi ruang-ruang dan sarana yang ada di gedung Carolus dan Elizabeth (campus tour), dihantar oleh pimpinan dan tim akreditasi. Kedua asesor terkesan dengan luas dan memadainya prasarana yang ada di STIKes Panti Rapih.

Seusai campus tour, kedua asesor menyusun hasil visitasi, untuk kemudian menyerahkannya kepada tim akreditas untuk ditanggapi dan klarifikasi. Tepat pukul 22.00 dokumen hasil visitasi ditandatangani oleh asesor, ketua STIKes dan Ketua Prodi Sarjana Gizi, dilanjutkan dengan penutupan dan foto bersama. Keesokan harinya, para asesor dihantar ke stasiun Tugu untuk kembali ke masing-masing kotanya, yakni Jakarta dan Purwokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>