Upacara Angkat Janji Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan Profesi Ners

Rabu, 5 Desember 2018 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih menyelenggarakan Upacara Angkat Janji . Mahasiswa yang mengikuti Upacara Angkat janji pada hari ini secara keseluruhan berjumlah 121 mahasiswa yang terdiri dari 106 mahasiswa dari program Studi Diploma Tiga Keperawatan dan 15 mahasiswa program studi Profesi Ners, namun 2 mahasiswa dari Prodi Profesi Ners hari ini tidak bisa mengikuti upacara ini karena sedang melakukan kegiatan student exchange di Sint Paul Univercity Philipina. Sejumlah 106 (87,60%) mahasiswa perempuan dan 16 (13,22%) mahasiswa laki-laki.

Mahasiswa semester III Diploma Tiga keperawatan ini sudah menempuh beban studi sejumlah 56 sks (48%)  Beban studi yang telah dilalui pada semester I berjumlah 20 SKS yang terdiri atas 16 SKS Teori dan 4 SKS Praktikum Kelas. semester II sejumlah 20 SKS terdiri atas Teori 17 SKS dan Praktikum Kelas 3 SKS.

Mahasiswa semester III Profesi Ners sudah menempuh beban studi sejumlah 56 sks (39%) dari seluruh kurikulum yang harus dijalani. Beban studi yang telah dilalui pada semester I berjumlah 20 SKS yang terdiri atas 17 SKS Teori dan 3 SKS Praktik. semester II sejumlah 20 SKS terdiri atas Teori 14 SKS dan Praktik 4 SKS dan praktik lapangan 2 sks.

Untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki pendidikan profesi yang sebenarnya, mahasiswa semester III akan diberikan kesempatan melaksanakan praktik di rumah sakit dengan tujuan :

  • mahasiswa lebih mengenal, mendalami dan beradaptasi dengan tugas dan kewajiban profesi keperawatan di tempat praktik khususnya rumah sakit.
  • mahasiswa mampu menerapkan seluruh materi pembelajaran yang telah dilalui dalam bentuk asuhan keperawatan pada pasien yang sesungguhnya di Rumah Sakit.

Sebelum menerjunkan mahasiswa ke lahan praktik, telah dilakukan evaluasi kemantapan mahasiswa dalam menjalani panggilannya menjadi seorang perawat. Sebanyak 79,44% mahasiswa menyatakan sangat mantap dalam menjalani panggilannya menjadi seorang perawat, sejumlah 20,56% menyatakan cukup mantap dalam menjalani panggilannya menjadi seorang perawat dan tidak ada  yang menyatakan tidak mantap dalam menjalani panggilannya menjadi seorang perawat. 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Email