Kegiatan Pelatihan Pembuatan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) bagi Kader Posyandu Balita

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) bagi Kader Posyandu Balita

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) bagi Kader Posyandu Balita merupakan bagian dari rangkaian kegiatan di STIKes Panti Rapih dalam rangka menyambut peringatan Dies Natalis ke-25 STIKes Panti Rapih. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 di Ruang Laboratorium Gizi Kuliner Kampus 2 STIKes Panti Rapih yang diikuti oleh 14 orang kader posyandu balita.  Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah para kader  posyandu balita di Pedukuhan Pringwulung. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu balita yang merupakan ujung tombak untuk sosialisasi informasi kesehatan seputar ibu dan anak khususnya untuk mendorong pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, dan aman bagi anak-anak usia 6-24 bulan. Peran kader posyandu balita sangat penting dalam meningkatkan status kesehatan dan status gizi ibu dan anak di wilayah kerjanya. Tujuan yang tidak kalah penting dari kegiatan ini adalah terwujudnya keterlibatan STIKes Panti Rapih dalam upaya peningkatanstatus kesehatan khususnya upaya peningkatan status gizimasyarakat di lingkungan sekitar STIKes Panti Rapih.

Pelatihan Pembuatan MP-ASI bagi Kader Posyandu Balita diawali dengan pemaparan materi tentang  Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA). Materi tersebut menekankan pada praktik pemberian MP-ASI yang  benar untuk menjamin keamanan dan kecukupan zat  gizi dari MP-ASI dengan bahan pangan lokal. Selanjutnya, peserta pelatihan dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok membuat 2 macam MP-ASI yaitu bubur beras campur dan nugget tahu.Bentuk MP-ASI yang dibuat adalah bubur beras campur bentuk lumat dan lembik serta nugget tahu dengan tekstur serupa makanan keluarga. Proses tersebut berlangsung selama 90 menit. Para peserta pelatihan tampak antusias dalam mengikuti pelatihan. Hasil evalusi peserta menunjukkan peserta senang dan puas dengan adanya kegiatan pelatihan Pembuatan MP-ASI ini dan berharap akan ada lagi kegiatan serupa yang melibatakan kader posyandu dengan jumlah yang lebih banyak khususnya kader di wilayah Pedukuhan Pringwulung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>