Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Posyandu Lansia Manisjangan

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Posyandu Lansia Manisjangan

Salah satu tugas yang harus dijalankan oleh sivitas akademika STIKes Panti Rapih Yogyakarta adalah menjalankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat atau merubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik dan sehat. Salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatan pengetahuan dan mengubah perilaku hidup sehat adalah dengan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan lansia dan penyuluhan kesehatan pada para lansia.

Menurut WHO (2014), lansia adalah seseorang yang mencapai usia lebih dari 65 tahun. Pada usia tersebut banyak perubahan yang terjadi salah satunya adalah penurunan kemampuan fungsional tubuh. Menurut Nugroho (2008), beberapa perubahan yang terjadi pada lansia antara lain perubahan pada sistem persarafan, pendengaran, penglihatan, kardiovaskuler, pernafasan, reproduksi, pencernaan dan genitourinari. Perubahan tersebut pasti akan terjadi dan perlu suatu upaya preventif untuk menurunkan angka kesakitan pada usia lanjut. Salah satu upaya preventif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan lansia adalah dengan melakukan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan.

Saat ini sudah banyak pusat kesehatan masyarakat yang membentuk posyandu lansia, salah satunya adalah posyandu lansia Manisjangan RW 02, Mangkukusuman. Kegiatan posyandu lansia di tempat ini sudah rutin, namun ada permasalahan yang didapatkan oleh kader di Posyandu lansia manisjangan, dimana kader mengalami keterbatasan dalam jumlah tenaga kesehatan yang menagani pemeriksaan kesehatan lansia. Selain itu, lansia di manisjangan masih dipungut biaya untuk pemeriksaan kesehatan oleh karena terbatasnya dana. Kegiatan penyuluhan kesehatan untuk lansia juga masih belum banyak dilakukan.

 

Melihat adanya permasalahan tersebut, maka mahasiswa STIKes Panti Rapih tergerak untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Posyandu Lansia Manisjangan RW 02, Mangkukusuman. Adapu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan berupa cek gula darah dan asam urat, pengukuran tanda-tanda vital yang meliputi pengukuran tekanan darah, suhu, nadi dan respirasi, pengukuran tinggi badan dan berat badanSelain pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan juga diberikan bagi lansia di posyandu tersebut, dengan harapan meningkatkan pengetahuan lansia tentang kesehatan dan gizi pada lansia. Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa STIKes Panti Rapih tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan lansia sehingga status kesehatan lansia semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>