Pelatihan Pengukuran Darah Bagi Kader Posyandu Lansia

Pelatihan Pengukuran Darah Bagi Kader Posyandu Lansia

Pengukuran tekanan darah merupakan prosedur yang dewasa ini hampir dapat dikuasai atau dilakukan oleh setiap orang. Kemajuan teknologi dengan diciptakannya alat-alat pengukur tekanan darah, mempermudah orang dapat melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri. Namun ketrampilan bagaimana cara mengukur tekanan darah yang tepat dan benar, belum tentu dapat dikuasai oleh semua orang yang tidak memiliki dasar pengetahuan tentang kesehatan.

Kader posyandu lansia adalah sosok yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan yang langsung terhubung secara dekat dengan masyarakat. Diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan yang mamadai bagi para kader posyandu lansia ini, dengan harapan para kader mampu melaksanakan deteksi dini para warganya terhadap perubahan status kesehatannya. Untuk itu diperlukan bekal yang cukup sehingga pelaksanaan pemantauan kesehatan kepada masyarakat ini dapat dilakukan secara mandiri, berkesinambungan, dan cukup memadai.

Mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas dan dalam rangka Dies Natalis STIKes Panti Rapiih yang ke-25, maka STIKes Panti Rapih menyelenggarakan pelatihan pengukuran tekanan darah bagi kader Desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 21 Juni 2018 dengan pembicara Bernadetta Eka Noviati, SKep., Ns., MM, Dwi Antara Nugraha, SST, MKep dan diikuti oleh 13 peserta kader posyandu lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>