Praktik Keperawatan Keluarga Dalam Komunitas Mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan

Praktik Keperawatan Keluarga Dalam Komunitas Mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan

Praktik  Keperawatan Keluarga Dalam Komunitas adalah praktik mahasiswa program reguler umum yang dilakukan untuk mempraktikkan asuhan keperawatan secara langsung pada keluarga dan kelompok khusus lanjut usia dalam tatanan komunitas. Persiapan Praktik Keperawatan Keluarga Dalam Komunitas melibatkan konsep dan kemampuan keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa seperti Promosi Kesehatan, Keperawatan Dasar, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Jiwa dan Keperawatan Komunitas. Kemampuan tersebut telah dimiliki mahasiswa semester VI Diploma Tiga Keperawatan program reguler jalur umum dan perlu diintegrasikan dalam Praktik Keperawatan Keluarga dan Kelompok Khusus Dalam Tantanan Komunitas.

Praktik Keluarga Dalam Komunitas ini bertujuan agar mahasiswa semester VI Diploma Tiga Keperawatan program reguler jalur umum mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan keluarga dan kelompok khusus dalam tatanan komunitas dengan memadukan kemampuan kognitif, psikomotor dan efektif secara komprehensif dengan mengedepankan nilai-nilai compassion, communicative dan professional (CCP). Mahasiswa diajak untuk berada di tengah keluarga dan masyarakat dan belajar hidup dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga diharapkan dapat mempunyai pengalaman yang lebih komplek dan nyata dalam keperawatan komunitas dan keluarga. Kunjungan rumah (keluarga) dilakukan secara terjadwal dan rutin dengan memanfaatkan data dan informasi dari profile kesehatan keluarga. Pelayanan kesehatan juga harus dilakukan terhadap seluruh tahapan siklus hidup manusia sejak masih dalam kandungan, sampai lahir menjadi bayi, tumbuh menjadi anak balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa muda dan akhirnya menjadi dewasa tua atau lanjut.

 

Praktik Keluarga dalam komunitas ini diikuti oleh 163 mahasiswa program Diploma Tiga Keperawatan. Lokasi praktik berada di wilayah kerja Puskesmas Ngempak I yaitu desa umbulmartani di padukuhan kopatan, degolan dan ladadi yang terdiri dari 13 RT. Waktu pelaksanaan 4-23 Juni 2018.

Untuk mengawali rangkain kegiatan ini maka pada hari Senin 4 Juni 2018 telah dilangsungkan acara serah terima mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan kepada Pemerintah Desa Umbulmartani dan Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Abiyoso. Dalam acara ini dihadiri oleh Camat Ngempak,Kapolsek Ngemplak,Daramil Ngemplak,Lurah Umbulmartani,Kepala Puskesmas Ngemplak 1 dan para pembimbing. Penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Kaprodi Diploma Tiga Keperawatan, Kebid Sumber Belajar dan para pembimbing Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>