Workshop Penyusunan Soal dan Analisis Soal

Workshop Penyusunan Soal dan Analisis Soal

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih selalu ingin meningkatkan kualitasnya salah satunya melalui perbaikan dan pengembangan sumber daya manusia khususnya dosen. Peningkatan kualitas dosen diharapkan akan meningkatkan keberhasilan pembelajaran.

Keberhasilan pembelajaran dinilai melalui evaluasi. Evaluasi dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting. Evaluasi bertujuan melihat ketercapaian tujuan pembelajaran dengan mengukur dan melihat keberhasilan proses pembelajaran yang sudah dilakukan.

Evaluasi yang baik harus memenuhi beberapa kaidah tertentu. Salah satu cara untuk mengetahui apakah standar tersebut sudah dapat dikatakan baik adalah dengan melakukan analisis soal secara kualitatif maupun kuantitatif. Analisis soal merupakan bagian yang harus dilakukan namun kadang dilupakan, karena banyak pengampu yang mempunyai persepsi bahwa melakukan evaluasi hanya sampai dengan menyusun soal dan mengoreksi jawaban peserta didik.

Salah satu langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kualitas soal adalah dengan workshop penyusunan soal sampai dengan analisisnya. Adanya latihan penyusunan dan analisis soal diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang berdampak pada keberhasilan pembelajaran.

Workshop penyusunan soal dan analisis soal ini telah terselenggara pada tanggal 19-20 April 2018 dengan pembicara Prof. Dr. C Asri Budiningsih MPD dan Dr. Wenny Artanty Nisman, S.Kep.,M.Kes

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>